Kamis, 06 Desember 2012

WIN32 Virut yang Membandel

 
Beberapa bulan yang lalu laptop Yankpii tiba-tiba eror. Entah kenapa udah di Instal ulang tapi tetep saja eror. Posisiku lagi nunggu Ibuku yang rawat inap di RSM Lamongan dan Yankpii di Sidoarjo. Cuma bisa saling sms an itu pun klo aku udah kluar Area VIP. Bener area ruangan kelas jempol taaaaaaapi buat sms an sama tilpunan harus ke masjid diluar Area Paviliun (-̩-_--̩) . Tapi ada untungnya karena disitu disediakan komputer umum buat akses internet. Jadi aku bisa bantu browsing buat Yankpii. Katanya sih kena virus WIN32. Setelah aku selancar di internet. Akhirnya kutemukan keajaiban dan اَلْحَمْدُلِلّهِ setelah di coba leptop Yankpii normal kembali. Ada 5 langkah, silahkan dicoba apabila temen-temen ada yang punya kasus serupa. Tapi langkah nomer 4 jangan dicoba apabila temen-temen masih ragu yah? (Hehehe) soalnya berabe klo tambah parah si Lepynya. Klo udah gak was-was ya Monggo dicoba (hehehe).


WIN32/virut memang merusak hampir semua system file windows, dlm kasus Anda, sepetinya bukan hanya virut saja, tapi ada jenis trojan yg resident di memori (RAM). Ada beberapa langkah yang bias anda coba untuk menahlukan virus itu, sebagai berikut:
1.    Kalau anda menggunakan AVG, jalankan dari DOS/MsDos. sebab pd mode ini Virut dan Trojan (resident) akan lumpuh, jadi mudah dibasmi.
2.    Karena system file windows sudah banyak yg rusak (tskmangr, regedit, odll) , lakukan clean-instal windowsnya. kalau sudah selesai, instal avg (terupdate) utk pastikan tdk ada virus lagi. biasanya cara ini akan menyelsaikan. Atau Anda bisa lakukan hal ini,
3.    Lepas hardisk, pasang di pc lain yg ada AVG-nya (punya teman) sebagai secondary. Scan hardisk Anda, bisa dari SaveMode (restart dulu), atau dari MsDos (gk usah restart dulu). ini untuk membersihkan virut dalam hardisk Anda. Sementara itu lakukan hal ("aneh") ini:
4.    Lepas memory pc Anda, kemudian masukkan ke AIR sebatas kontak-pin nya (bagian tepi yg berwarna keemasan) kira2 2-3 menit. kemudian keringkan sampai benar2 kering. Sementara itu lepas batrey CMOS (dan kabel listrik dr stop kontak), biarkan 15 menit, baru pasang batrey cmosnya.
5.    Selanjutnya Anda bisa lakukan instalasi windows seperti biasa (clean install).

(Disadur dari mastokkenari.page4.me/jawabku-di-yahoo-12.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar